Redmi Note 5A & Mi A1

Discussion in 'Berita' started by Madman, Sep 13, 2017.

  1. Madman

    Madman Well-Known Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    276
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta, Indonesia
    [​IMG]

    Meskipun belum ada pihak yang resmi memberikan konfirmasi, rumor sudah berkembang bahwa pada tanggal 20-21 September 2017 jajaran produk Xiaomi Redmi Note 5A dan Mi A1 akan hadir secara resmi dengan jaminan garansi TAM dan di distribusikan oleh Erajaya. Apalagi sertifikat lolos uji postel untuk (diduga) kedua seri ini sudah keluar pada 5-6 September lalu.

    Kita tinggalkan dulu eforia peluncuran Mi Mix 2 dan Mi Note 3 yang masuk dalam kelas ponsel flagship Xiaomi, meskipun Mi Note 3 cukup mengecewakan karena tak lebih dari Mi6 versi "lite" (secara spesifikasi hardware) meskipun mengusung bentang layar lebih luas. Kehadiran Redmi Note 5A dan Mi A1 ke Indonesia sedikit memberi angin segar sebagai tambahan jajaran produk Xiaomi yang didukung layanan purna jual resmi.



    Xiaomi Redmi Note 5A

    Redmi Note 5A seharusnya mewarisi ekspektasi mifans dengan adanya peningkatan di setiap lini seri anyar. Sayangnya hal tersebut tidak terjadi. Alih-alih seri ini menjadi pewaris saudara tuanya Redmi Note 4, justru Redmi Note 5A lebih pantas menjadi penerus lini seri Redmi 4/4X. Jika Anda tertarik meminang Redmi Note 5A dalam waktu dekat, sebaiknya pertimbangkan kembali masak-masak.

    Redmi Note 5A hadir tidak mengikuti tren yang berlaku di ponsel Xiaomi lini Note terkini. Variant dengan kapasitas RAM 2 GB dan storage 16 GB datang dengan balutan bodi plastik, tidak memiliki sensor sidik jari, dan kapasitas baterai yang lebih kecil dari pendahulunya. Hal yang positif di seri ini mungkin dengan hadirnya slot penuh (bukan hibrid) dimana Anda bisa menggunakan 2 kartu SIM dan tambahan kartu memori sekaligus.

    Layak kah Redmi Note 5A dibeli? Tergantung kebutuhan Anda. Namun melihat kebutuhan rata-rata pengguna ponsel di Indonesia saat ini, Redmi Note 5A tergolong ponsel yang "nanggung". Jika Anda tertarik, sebaiknya bertanya dahulu soal pengalaman pemakaian dengan pengguna Redmi 4/4X untuk mendapatkan pertimbangan berimbang antara kebutuhan dan budget.



    Xiaomi Mi A1

    Mi A1 tidak bisa dipungkiri memancing eforia berbeda. Ini disebabkan karena ponsel ini merupakan ponsel pertama Xiaomi yang tidak akan mendapatkan antarmuka MIUI. Juga ponsel kedua (setelah Google Essential) yang ditanamkan teknologi Seamless Update yang dikembangkan mulai Android 7.1.

    Mi A1 pada dasarnya secara spesifikasi hardware sangat identik dengan Mi 5X yang sudah lebih dulu hadir beberapa waktu lalu. Namun Mi A1 dan Mi 5X adalah 2 ponsel yang berbeda. Nama kode (codename) yang diberikan oleh Xiaomi saja sudah menunjukkan hal itu. Mi 5X dipanggil dengan nama kode "Tiffany", sedangkan Mi A1 dengan "Tissot". Perbedaan paling signifikan adalah pada struktur partisi. Mi 5X masih menggunakan struktur biasa sedangkan Mi A1 menggunakan struktur baru yang dibutuhkan oleh teknologi Seamless Update.

    Karena perbedaan itu, maka Mi A1 tidak bisa menggunakan ROM MIUI. Demikian pula sebaliknya, Mi 5X tidak bisa menggunakan ROM Pure Android. Ini menjadi salah satu sisi lemah dari Mi A1 bagi mifans yang cenderung memilih menggunakan MIUI. Tapi posisinya jelas; jika suka MIUI, gunakan Mi 5X. Jika ingin mencicipi Oreo dan (semoga) Android P dst, pilihannya adalah Mi A1.

    Apakah Mi A1 (atau Mi 5X) layak dipinang? Banyak yang mengatakan Mi 5X (dan tentu saja Mi A1) adalah ponsel flagship dengan harga rendah. Jika Anda ingin menggunakan seri Mi yang kekinian tapi tidak sanggup meminang ponsel flagship Xiaomi lainnya seperti Mi6, Mi Mix 2, atau Mi Note 3, maka ponsel yang satu ini menjadi pilihan yang masuk akal.

    Jika Anda bertanya mana yang lebih bagus, Mi A1 atau Mi 5X? Keduanya serupa tapi tidak sama. Mi A1 tersedia secara resmi dan menggunakan ROM Android murni. Artinya tidak akan ada masalah soal sinyal operator dan pemakaian ponsel lebih enteng tanpa bloatware macam-macam (kecuali bloatware Google Apps tentunya). Kalaupun Mi A1 mengandung bloatware bawaan Xiaomi, mungkin yang paling tampak adalah aplikasi kamera dan Mi Remote. Aplikasi kamera bukan bawaan Android melainkan dikembangkan oleh Xiaomi untuk mendukung penggunaan dual camera di sisi belakang.



    Referensi:
    Dari berbagai sumber.
     
    rhopany.herman and HRD like this.
  2. HRD

    HRD Active Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    737
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    43
    Gender:
    Male
    Nambahin info gan. Redmi note 5A yg disebutkan di atas merupakan note 5A yang paling rendah. Sempat saya baca kalau redmi note 5A dilepas dalam 3 varian : yang paling rendah seperti yg agan sebutkan di atas, menengah (dengan sensor sidik jari dan kamera 16mp di depan plus flash serta memori 32GB), dan paling tinggi (sama seperti menengah, cuma beda memori dan ram). CMIIW :D
     
    Madman likes this.
  3. Madman

    Madman Well-Known Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    276
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta, Indonesia
    Terima kasih tambahannya agan @HRD. Iya betul sekali Redmi Note 5A variant yang lebih tinggi sudah dilengkapi sensor sidik jari. Kebetulan hanya variant 2GB/16GB yang sudah saya pegang secara fisik.

    Sektor yang mungkin sedikit mengecewakan adalah pada SoC dan kapasitas baterai. Variant terendah menggunakan Snapdragon 425 sedangkan yang lebih tinggi menggunakan Snapdragon 435. Seluruh variant menggunakan baterai 3080 mAh. Mungkin kelak jika Redmi Note 5 ada dan dirilis, ada peningkatan di sektor ini.
     
  4. Madman

    Madman Well-Known Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    276
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta, Indonesia
    [​IMG]

    UPDATE
    Hari ini, 20 September 2017, Xiaomi Mi A1 resmi hadir di Indonesia. Di bandrol dengan harga 3,1 juta, ini spesifikasi ponsel Android One rasa Xiaomi:

    Qualcomm Snapdragon 625
    RAM 4 GB, storage 64 GB
    IPS 5.5 inci full HD (1.920x1.080)
    Pelindung Gorilla Glass level 3
    Baterai 3.080 mAh
    Fitur pemindai sidik jari
    Pilihan warna: hitam, gold, pink

    Mi A1 akan mulai dipasarkan lewat flash sale di Lazada pada 2 Oktober. Akan tersedia secara fisik/offline di seluruh gerai Erajaya pada 6 Oktober.

    Harap dicatat spesifikasi Mi A1 hampir mirip dengan Redmi Note 4/4X Snapdragon. Dengan harga setara, perbedaan signifikan ada di RAM/ROM (4GB/64GB vs 3GB/32GB) dan kapasitas baterai (3080 mAh vs 4100 mAh).


    Edit:
    Yang saya tidak suka dari Mi A1 adalah bezel atas dan bawah yang terlalu tebal, lampu notifikasi yang cuma berwarna putih, dan kapasitas baterai yang nanggung.

    Konon penantang langsung Mi A1 adalah Moto G5s dari Motorola. Dengan merogoh kocek sekitar 900 ribu lebih dalam, Anda mendapatkan kualitas foto yang digadang-gadang lebih ciamik ketimbang Mi A1, sudah dilengkapi NFC, tapi minor di kapasitas internal storage.
     
    Last edited: Sep 20, 2017
    HRD likes this.
  5. HRD

    HRD Active Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    737
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    43
    Gender:
    Male
    Kenapa xiaomi yg baru pada pelit lampu LED ya gan? :)) 4x dan A1 cuma putih, apakah begitu berat ya untuk menampilkan 7 warna lampu tsb? Padahal kan di dalamnya tertanam 7 lampu tsb tapi justru dinonaktifkan
     
    Madman likes this.
  6. Madman

    Madman Well-Known Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    276
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta, Indonesia
    Iya gan, padahal Redmi 4/4X dilengkapi LED notifikasi berwarna tapi tidak didukung ROM. Kalau A1 saya belum tahu apakah lampu LED hanya support warna putih atau seperti R4/4X.

    Sampai sekarang saya belum tahu alasan pihak Xiaomi memproduksi device hanya dengan lampu LED putih. Apakah sedang tren di China? Ataukah rakyat China punya takhayul pada warna tertentu? Yang jelas merubah LED warna-warni menjadi hanya warna putih justru kemunduran inovasi dan mengganggu pengalaman pengguna dalam mengoperasikan ponsel.
     
    HRD likes this.
  7. HRD

    HRD Active Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    737
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    43
    Gender:
    Male
    Wkwkwk bisa jadi takhayul gan. Iya bener gan kemunduran inovasi. Sempat juga baca di forum resminya ada yg blg untuk mengirit baterai katanya, sungguh alasan yang tidak masuk akal ya
     
  8. Madman

    Madman Well-Known Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    276
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta, Indonesia
    Justru warna putih memakan tegangan (voltase) paling tinggi gan. Urutannya putih, ungu, pink, biru, violet, hijau terang, hijau, kuning, oranye, merah. Lampu LED yang umum digunakan di ponsel adalah LED dengan kombinasi 3 dioda (merah, hijau, biru) atau 4 dioda (merah, hijau, biru, putih).

    Lampu LED memakan daya amat sangat sedikit, sekitar 2 mA (0.02 ampere). Jika menggunakan tegangan 2 volt, hanya menghasilkan 0.04 Watt. Jadi menggelikan jika pemakaian lampu notifikasi warna putih demi alasan menghemat baterai. Kalau ingin menghemat baterai seharusnya menggunakan layar LCD yang lebih hemat daya (dibantu dengan resolusi kecil + PPI kecil) dan SoC dengan proses fabrikasi lebih kecil.
     

Share This Page

Share
XenForo Add-ons by Brivium ™ © 2012-2013 Brivium LLC.